Thursday, January 20, 2005

SMS POLISI MUDAH SEKALI

Bahaya, SMS Polisi 1717



SUDIRMAN - Bila Anda sedang dalam situasi bahaya atau melihat kejadian kriminal yang memerlukan penanganan pihak kepolisian, tak perlu bingung.



Caranya mudah, SMS saja ke 1717. Pesan singkat tersebut akan segera ditanggapi Polda Metro Jaya dengan cepat.



SMS Polisi 1717 dan Emergency Response System (ERS) - panic button - merupakan program terbaru Polda Metro Jaya bernama SIAP! (Sistem Integrasi Aplikasi Polisi).



Program SIAP yang diluncurkan kemarin merupakan hasil kerja sama Polda Metro Jaya dengan operator selular Telkomsel.



Menurut Kabid Telematika Kombes Pol Wiliardi Wizar, program ini memiliki misi memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan yang membutuhkan informasi maupun tindakan kepolisian.



Dalam hal ini, polisi akan segera mengetahui posisi si pengirim pesan singkat (SMS), lewat pelacakan nomer telepon atau ponsel si pengirim melalui teknologi GPS/GPRS (Global Position System). Caranya, cukup dengan hanya memencet tombol Panic Button.



Keunggulan SMS Polisi 1717 ini dapat diakses oleh semua operator selular. Menggunakan server khusus sehingga dapat cepat terkirim dan terkoneksi langsung dengan server operator selular. Plus, dengan teknologi GPS/GPRS, maka seluruh mobil maupun motor patroli PMJ yang sudah dilengkapi chipseat dapat mengakses langsung ke satelit.



Sehingga, mobil patroli maupun motor patroli yang terdekat akan segera dapat diinstruksikan atau diperintah mendatangi posisi si pengirim SMS maupun menghampiri TKP (Tempat Kejadian Perkara).



Bagaimana dengan SMS iseng. Jangan coba-coba! Sebab, polisi akan segera mengetahui posisi si pengirim. "Pengirim SMS yang mau ngerjain atau nipu kita, juga akan segera terlacak posisinya. Selama nomer PIN pengirim masih tersimpan di dalam hand phone-nya," tegas Wiliardi.(ind)



http://www.kompas.com/kompas%2Dcetak/0501/18/metro/1508074.htm



Selasa, 18 Januari 2005



Polda Luncurkan Tiga Layanan Reaksi Cepat



Jakarta, Kompas - Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Inspektur Jenderal M Firman Gani meluncurkan tiga program sistem layanan dan reaksi cepat (quick response) kepada masyarakat yang mengutamakan kecepatan pelayanan polisi.



Peluncuran dilakukan Senin (17/1) malam di Polda Metropolitan Jaya. Tiga program itu meliputi layanan pesan singkat (SMS) ke nomor 1717, We Track, dan Emergency Response System (ERS) atau disebut juga Panic Button. Menurut Kepala Bidang Telematika Polda Metropolitan Jaya Komisaris Besar Wiliardi Wizar, ketiga program tersebut sekarang sudah bisa difungsikan.



Program SMS Polisi 1717 bertujuan memberikan sarana kepada masyarakat untuk menginformasikan kepada polisi mengenai suatu peristiwa yang memerlukan kehadiran polisi atau informasi lainnya yang diperlukan polisi melalui telepon seluler atau telepon rumah yang memiliki fasilitas tersebut.



Kepala Bidang Humas Polda Komisaris Besar Tjiptono menyatakan, keunggulan SMS Polisi 1717 hanya menggunakan empat digit untuk semua operator telepon seluler, menggunakan server khusus sehingga dapat menampung layanan traffic SMS yang tinggi, serta terkoneksi langsung dengan server operator seluler.



Program We Track merupakan program monitoring yang berbasis teknologi GPS atau GPRS, yang memungkinkan setiap sektor kepolisian di Polda Metropolitan Jaya dapat memantau keberadaan mobil patroli. Mobil patroli yang dipantau adalah mobil yang sedang melakukan patroli, menampilkan pergerakan mobil di atas peta satelit sehingga memudahkan mobilisasi petugas polisi di lapangan.



Alat ini dilengkapi dengan tracking system sehingga mampu menyimpan data posisi kendaraan untuk jangka waktu lama. Selain itu, terdapat real time akuisisi data dengan pengiriman data posisi setiap tiga detik sehingga setiap pergerakan kendaraan terpantau.



Program ERS atau Panic Button menggunakan teknologi terpadu nirkabel. Keuntungannya dapat memberikan posisi pelapor yang memerlukan bantuan hanya dengan memencet salah satu tombol.



Tjiptono menyatakan, pengusaha, instansi vital lain, serta masyarakat umum yang ingin memanfaatkan Program Panic Button di lingkungannya dapat langsung memesan ke Bidang Telematika Polda Metropolitan Jaya


BEAR YE ONE ANOTHER'S BURDENS, AND SO FULFIL THE LAW OF CHRIST. (GALATIANS 6:2)

BERTOLONG TOLONGANLAH MENANGGUNG BEBANMU! dEMIKIANLAH KAMU MEMENUHI HUKUM KRISTUS (GALATIA 6:2)

No comments: